Hadirnya Mobilio di tengah pasar jual beli kendaraan low-MPV "menggempur" ATPM lain yang juga turut bermain di kelas ini. Kue penjualan yang sebelumnya bisa direguk sebagai alternatif dari Avanza dan Xenia pun tersedot besar-besaran karena hadirnya mobil tujuh penumpang dari Honda tersebut.
Kondisi ini diakui pihak Suzuki Indonesia. Penjualan Ertiga mereka turun, tetapi diklaim sebagai yang paling selamat di antara merek lainnya.
"Persaingannya utama di low-MPV, pasti sudah pada tahu ... Low MPV, kita agak sedikit turun. Namun, analisis low MPV Suzuki itu di data Gaikindo berdasarkan ritel, jangan wholesales, itu Suzuki penurunannya paling kecil persentasenya," ujar Davy Tuilan, Direktur Pemasaran PT Indomobil Suzuki Sales.
Menurutnya, Ertiga sebagai andalan dalam pemasaran mereka membuat Suzuki menunjukkan penurunan sebesar 18 persen. Angka ini masih terbilang lumayan jika dibandingkan kompetitor yang bahkan merosot hingga dua kali lipat lebih.
"Suzuki itu turun 18 persen. Tapi Anda cek kompetitor, ada yang 28 persen, ada yang 34 persen, ada yang 45 persen. Itu dari sisi volume," ujar Davy Tuilan.
Kondisi ini sebenarnya sudah terlihat setidaknya hingga November. Catatan penjualan mereka berdasarkan catatan terakhir menunjukkan bahwa Ertiga masih bercokol di posisi lima besar terlaris untuk kelas mobil penumpang. Sementara itu, Mobilio menyerobot secara keras di posisi nomor dua, tepat di bawah jawara tahunan, Avanza.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon