Rangkuman Konsep Sistem informasi



Walaupun tujuan posting ini hanya untuk tugas kuliah barangkali blogger yg lain belum tau apa itu sistem informasi silahkan di simak baik-baik .

Apa itu Sistem Informasi ?

  • Sebuah sistem informasi adalah seperangkat terorganisir komponen untuk mengumpulkan, mengirimkan, dan menyimpan, dan pengolahan data dalam rangka untuk memberikan informasi untuk bertindak.
  • Memungkinkan operasi yang efisien dari bisnis kecil atau perusahaan besar
  • Memungkinkan manajemen yang efektif
  • Mendukung pencarian untuk keunggulan kompetitif di pasar
  • Mengaktifkan pertumbuhan ekonomi dengan berpindah ke teknologi yang lebih baru dan lebih maju
  • Memungkinkan globalisasi bisnis dan memungkinkan persaingan global

Sistem informasi yg di lakukan dalam organisasi
  • Mendukung operasi bisnis
  • Dukungan manajemen
  • Membatu pengetahuan umum dalam pekerjaan

Sistem Informasi meliputi :
  • Sistem Pemrosesan Transaksi
  • Manajemen Pelaporan Sistem
  • Sistem Pendukung Keputusan
  • Sistem Informasi Eksekutif
  • Sistem Pendukung profesional
  • Sistem Informasi Kantor

Hasil SI (Sistem Informasi) dalam organisasi


  • Meningkatkan Posisi Lebih Kompetitif (Meningkatkan Pangsa pasar atau keuntungan)
  • Peningkatan produktivitas ( Biaya yg lebih rendah)
  • Peningkatan Kualitas produk atau jasa
  • Kemampuan untuk merespon lebih cepat terhadap tuntutan pasar
  • Peningkatan kemampuan dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dalam perusahaan
  • Peningkatan anggota atau karyawan

Lingkungan Organisasi Baru dan Cara Baru untuk Bekerja

Struktur organisasi tradisional, yang masih berlaku saat ini, yang terstruktur di sepanjang garis fungsional atau divisi
Struktur Fungsional: Orang yang melakukan kegiatan serupa ditempatkan bersama-sama dalam satuan formal dan dengan demikian organisasi dibagi sesuai dengan fungsi dari perusahaan

Struktur Divisional: divisi Perusahaan yang dibentuk berdasarkan kelompok produk atau layanan yang mereka berikan, wilayah geografis mereka menutupi, atau segmen pelanggan yang mereka layani

Kekurangan dari struktur fungsional

Koordinasi yang buruk dari upaya seluruh fungsi - dengan banyak keputusan dimaksud menaiki hierarki perusahaan
Kurangnya tanggung jawab yang jelas untuk produk atau jasa secara keseluruhan
General memperlambat dalam inovasi yang diperlukan untuk merespon lingkungan yang kompetitif berubah dengan cepat hari ini

Struktur Divisional

Keuntungan: Fleksibilitas yang lebih besar dalam menanggapi tuntutan kompetitif pasar.
Kekurangan: Mereka sering menderita duplikasi sumber daya dan upaya seluruh divisi dan dari keahlian fungsional kurang berkembang

Organisasi virtual

Sebuah organisasi virtual adalah sebuah organisasi yang strukturnya untuk tingkat besar dibuat dengan menggunakan sistem informasi daripada mengikuti organisasi grafik
Organisasi Jaringan: Sebuah struktur organisasi dimana perusahaan menjadi inti dari sebuah organisasi virtual diperpanjang yang termasuk mitra jangka panjang perusahaan, pengadaan barang dan jasa untuk perusahaan inti
Kompetensi inti: Kemampuan khusus yang membedakan perusahaan dan yang dihargai oleh pasar
Outsourcing: Persetujuan beberapa barang atau jasa yang sebelumnya diproduksi oleh perusahaan kepada penyedia khusus. Dalam layanan informasi, praktek mengontrakkan operasi pusat sebuah perusahaan data, jaringan telekomunikasi, atau aplikasi pengembangan untuk vendor eksternal
Organisasi Cluster: Struktur organisasi di mana unit kerja utama adalah tim sementara dan permanen orang yang menyumbangkan pengetahuan dan pengalaman mereka yang berbeda
Intranet: Sebuah jaringan internal perusahaan yang menyebarkan fasilitas internet, terutama orang-orang dari World Wide Web




Previous
Next Post »
Thanks for your comment